April 17, 2010

Rapat arus Listrik

Salam sejahtera sobat2 q sekalian,,,kali ini saya akan membahas tentang rapat arus(kelanjutan dari postingan sebelumnya) ...baik langsung saja kita ke T K P,,,,,LOH LOH LOH



Rapat Arus listrik di dalam penghantar listrik
Percobaan :
Kawat konstantan diameter 0,2 mm dan kawat konstantan lain diameter 0,4 mm salah satu ujungnya dikopel, kedua ujung yang lain dihubungkan ke auto trafo. Arus listrik dinaikkan sedikit demi sedikit hingga kawat mulai membara.
   
gambar 1.13 arus listrik pada penghantar dgn penampang yang berbeda





Kawat dengan luas penampang kecil telah membara, sementara itu kawat yang luas penampangnya besar masih belum memperlihatkan reaksi panas.
Meskipun pada kedua kawat mengalir arus listrik yang sama, penghantar dengan luas penampang kecil panasnya lebih kuat. Jadi untuk pemanasan kawat tidak hanya dipengaruhi oleh reaksi arus saja tetapi juga oleh luas penampang kawat. Semakin rapat arus listrik dorongan arus listrik  didalam penghantar, semakin keras pula tumbukan yang terjadi antara elektron dengan ion-ion atom, maka pemanasannya menjadi lebih kuat. Pemanasan penghantar praktis tergantung pada rapat arus listrik. Dari sinilah digunakan istilah Rapat arus Listrik (simbol S).







Satuan rapat arus listrik oleh karenanya adalah  A/mm2

Pada penentuan penghantar logam, kumparan dan komponen-komponen lain yang berhubungan dengan pemanasan yang diijinkan pada komponen tersebut maka  Rapat arus  Listrik merupakan suatu besaran konstruksi yang penting.

Contoh :
Sebuah penghantar tembaga dengan luas penampang 2,5 mmsesuai PUIL boleh dibebani dengan 16 A.
Berapa besarnya rapat arus Listrik pada penghantar tersebut ?

 Jawaban:




A/mm2



Gambar 1.14  Grafik arus listrik Searah




Related Posts by Categories

3 comments:

  1. numpang promosi
    agan2 yang membutuhkan sepatu kunjungi : www.sepa-tu.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Salam kenal, saya Evi. Saya bermaksud menawarkan artikel ketenaga listrikan untuk dapat diposting di blog anda. Anda dapat melakukan rewriting ataupun editing. Terima kasih

    ReplyDelete