May 30, 2010

Motor fasa belah (splite phasa motor)

    Motor Fasa Belah (splite phasa motor)

Jenis motor fasa belah ini termasuk motor yang menggunakan rotor sangkar (Squirrel Cage winding) terdiri dari sejumlah batang tembaga yang dimasukkan ke dalam alur rotor, pada ujung-ujungnya dihubungkan oleh cincin tembaga sehingga terdapat sirkuit tertutup. Sedangkan kumparan statornya terdiri dari dua lilitan yaitu kumparan utama (main winding) dan kumparan bantu (starting winding). Kedua kumparan tersebut terhubung paralel pada saat start, kedua-duanya terhubung pada jala-jala kemudian setelah motor berputar mencapai + 75 % putaran nominal, sebuah saklar sentrifugal akan memutuskan rangkaian kumparan bantu dan selanjutnya motor listrik bekerja hanya dengan kumparan utama. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:




Gambar 01 Rangkaian Motor Fasa Belah
Dilihat dari konstruksinya motor fasa belah mempunyai saklar sentrifugal yang berfungsi untuk memutuskan rangkaian kumparan bantu setelah motor berputar mendekati putaran
 nominal, dan mencegah arus lebih dari jala-jala ke kumparan bantu dan juga untuk melindungi kumparan dari kerusakan yang disebabkan oleh pemanasan arus yang melewatinya. Konstruksi sakelar sentrifugal dapat dilihat pada gambar di bawah ini: 

1)     Perbaikan lilitan stator motor fasa belah
Setelah dilakukan pemeriksaan seperti tabel di atas, dan hasilnya dinyatakan kumparan motor terjadi kerusakan (terbakar) maka perlu dililit ulang agar motor fasa belah dapat berfungsi seperti semula.

Adapun langkah-langkah pembongkaran harus sesuai dengan prosedur. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan pada waktu pemasangan kembali.Memperbaiki motor fasa belah dengan kerusakan belitan terdiri dari beberapa pekerjaan yaitu

a)    Mencatat data motor (taking date) sesuai dengan kartu perbaikan)
b)   Membongkar tutup stator
c)    Membongkar belitan dan menggambar bentangan belitan stator.
d)   Membersihkan alur-alur dan memasang prespan (mika) baru.
e)    Melilit ulang
f)     Menghubungkan lilitan sesuai dengan gambar bentangan semula.
g)   Mengikat kepala kumparan
h)   Menguji lilitan (testing)
i)      Pemberian vernis/ lak cair dan pengeringannya
j)     Uji coba (pengujian motor)

Untuk mendapatkan hasil pemeliharaan dan perbaikan yang memuaskan maka seluruh data yang ada pada motor harus ada dalam catatan kartu pemeliharaan dan perbaikan, baik sebelum proses pemeliharaan dan perbaikan maupun sesudahnya.

good luck

Related Posts by Categories

1 comment:

  1. Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual MBAHâ?¦Angka MBAH EROK PRANAL Tembus 100%â?¦Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnyaâ?¦sampai- sampai hutang malah menumpukâ?¦tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internetâ?¦Kok ketemu NomoR MBAH EROK PRANAL..Saya coba beli Paket 4D ternyata Tembusâ?¦dan Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib MBAH EROK PRANALâ?¦Yang SaYa Minta Tembus 4Dâ?¦Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantapâ?¦Bagi saudara yang ingin merubah Nasib seperti sayaâ?¦Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer MBAH EROK PRANAL 085 377 797 151.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    ReplyDelete